Profil M. Faiq Assiddiqi, S.H.

M. Faiq AssiddiqiM. Faiq Assiddiqi, S.H., saat ini dipercaya sebagai Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBHI)-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya untuk periode 2012-2015 dan 2015-2018. Ia bergabung di YLBHI-LBH Surabaya sejak akhir tahun 2005 hingga sekarang. Dulu, sebelum bergabung di YLBHI-LBH Surabaya, dia pernah menjadi ketua di sebuah lembaga yang hampir serupa dengan YLBHI-LBH Surabaya, yakni Yayasan Profesi Hukum di Jember, Jawa Timur.

Meniti karier di YLBHI-LBH Surabaya dimulai dengan menjadi staf pelaksana program. Selanjutnya, di tahun 2006, diberikan amanah sebagai Koordinator Divisi Tanah dan Lingkungan yang menjalankan kegiatan advokasi dan litigasi terkait dengan permasalahan hukum yang berkaitan dengan isu sumber daya alam yang fokus terhadap permasalahan tanah dan lingkungan. Selanjutnya, dia pernah menjadi Koordinator Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum di YLBHI-LBH Surabaya di tahun 2009 yang bertugas mengkoordinir kerja-kerja advokasi dan seluruh layanan bantuan hukum yang diselenggarakan oleh YLBHI-LBH Surabaya. Lalu, di tahun 2010, dia dipercaya menjadi Kepala Bidang Operasional yang bertanggung jawab atas seluruh kerja-kerja litigasi dan nonlitigasi kelembagaan.

Aktivitas untuk melakukan pembelaan dan perlindungan terhadap hak-hak asasi manusia dan kepentingan hukum bagi masyarakat miskin dan marjinal telah menjadi prinsip hidup beliau dalam menjalankan kegiatan profesinya sebagai Advokat di LBH Surabaya.(*)