Profil Hosnan, S.H.

Hosnan, S.H., lahir di Pamekasan pada 29 Mei dari pasangan bahagia keluarga petani di sebuah desa terpencil di Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan. Anak pertama dari lima bersaudara ini tidak pernah tamat TK (karena tidak pernah masuk TK), ia menamatkan S3-nya (SD, SMP, dan MTs), serta SMA di Pamekasan. Lulusan Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura tahun 2005 ini pertama kali bergabung di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya sebagai volunteer.

Semasa kuliah, ia aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, baik internal maupun eksternal. Bahkan, ia tercatat sebagai salah satu pendiri dari beberapa organisasi mahasiswa intra kampus, misalnya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Nanggala dan UKM Taruna Jaya. Di organisasi ektrakampus, dia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Selama di LBH Surabaya, ia pernah ditugaskan di LBH Surabaya Pos Malang selama lebih/kurang 3,5 tahun. Selanjutnya, dia diberi amanah sebagai Kepala Bidang Penanganan Kasus di LBH Surabaya mulai 2013 hingga sekarang.(*)