Profil Abd. Wachid Habibullah, S.H., M.H.

Abd. Wachid Habibullah, S.H.Abd. Wachid Habibullah, S.H., M.H., dilahirkan di Surabaya, 3 Januari 1992. Ia menyelesaikan pendidikan Sarjana Hukum dengan predikat “Cumclaude” di Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura pada 2013. Saat ini, ia sudah menyelesaikan studi S2 Magister Ilmu Hukum dengan minat studi Hukum Tata Negara di Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya pada 2015 dengan predikat “Cumclaude” sekaligus menerima penghargaan Wisudawan Terbaik Universitas Airlangga periode Maret 2015. Bidang keahlian yang dimiliki sejak duduk di bangku sarjana hingga magister adalah konsen pada bidang Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara.

Bergabung di LBH Surabaya diawali dengan mengikuti Karya Latihan Bantuan Hukum (KALABAHU) sejak menjadi mahasiswa tingkat akhir jenjang S1 pada 2012 dan melakukan aktivitas pemagangan di LBH Surabaya sejak Desember 2012, sehingga pada Mei 2013 diangkat menjadi Volunteer/Asisten Pengacara Publik LBH Surabaya. Selanjutnya, pada 2014-2015 dipercaya menjadi Koordinator Divisi Ekonomi, Sosial, dan Budaya LBH Surabaya yang intensif melakukan advokasi pelanggaran hak asasi manusia (HAM), khususnya Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya di Jawa Timur.

Saat ini, ia adalah Pengacara Publik LBH Surabaya yang sekaligus menjalani aktivitas sebagai Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) di LBH Surabaya. Dalam menjalankan aktivitasnya, ia sering menangani kasus-kasus yang berdimensi pelanggaran HAM, seperti kasus-kasus perburuhan, pertanahan, penggusuran lahan, penggusuran PKL, dan lain sebagainya.(*)