Untukmu, Munir!

0
278

LBH Surabaya – Tak kurang dari 200 orang menghadiri acara puncak “Malam Menyimak Munir, Pekan Merawat Ingatan”, Jumat (9/9). Duduk hanya dengan beralaskan tikar, masyarakat dan mahasiswa antusias menyimak berbagai rangkaian acara yang digelar tepat di depan kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya di Jalan Kidal Nomor 6, Kota Surabaya. Berbagai acara yang dimaksud di antaranya adalah pemutaran film, musikalisasi puisi, testimoni, dan orasi.

Masyarakat yang hadir kali ini merupakan kelompok dampingan LBH Surabaya, di antaranya adalah Serikat Pedagang Kali Lima (SPEKAL), Paguyuban Juru Parkir Surabaya (PJS), Bina Matraman Putat Jaya Surabaya (BMP), dan Laskar Pembela Bumi Pertiwi (LPBP) Surabaya. Acara kali ini juga dihadiri oleh Mahasiswa Peduli HAM yang berasal dari berbagai universitas di Jawa Timur.

Acara yang berlangsung mulai pukul 20.00 WIB itu juga didukung oleh beberapa organisasi profesi dan masyarakat sipil yang ada di Jawa Timur. Tercatat, ada Ecoton, Pusat Studi Hak Asasi Manusia (Pusham) Surabaya, Pusham Universitas Surabaya, Cmars, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Surabaya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Timur, Serikat Pengajar Hak Asasi Manusia (Sepaham Indonesia), Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo, Jaringan Islam Anti-Diskriminasi, Gusdurian, dan Yayasan Kasih Bangsa Surabaya.

Acara kali ini juga dihadiri oleh mantan Direktur LBH Surabaya, Prof. Dr. Muchammad Zaidun, S.H., M.Si. Selain itu, hadir juga alumni LBH Surabaya, Nuzulul, yang saat ini menjadi hakim pada Pengadilan Tinggi Surabaya. “Cak Munir itu semangatnya luar biasa,” kenangnya saat bersama-sama melakukan aktivitas di LBH Surabaya sekitar 26 tahun yang lalu.

Direktur LBH Surabaya, M. Faiq Assiddiqi, S.H., mengatakan, acara malam ini dimaksudkan untuk mengenang aktivis HAM, Munir, yang sangat luar biasa. “Ini adalah acara kita semua. Semoga kita dapat meneladani semangat Cak Munir untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat tertindas,” katanya.(*/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY