Tim Advokasi Waduk Sepat: Hakim Harus Tolak Permohonan PT Ciputra Surya!

0
241

LBH Surabaya – Sidang kasus tukar guling Waduk Sepat kembali digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (10/8). Agenda sidang kali ini adalah penyampaian tanggapan oleh para pihak atas permohonan intervensi dari PT Ciputra Surya, Tbk.

Menurut kuasa hukum penggugat yang tergabung dalam Tim Advokasi Waduk Sepat mengungkapkan, permohonan PT Ciputra Surya, Tbk., tentu harus ditolak karena tidak berdasarkan hukum. “Hal ini berdasarkan Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 36/KMA/SK/II/2013 tentang Pemberlakukan Pedoman Penanganan Perkara Lingkungan Hidup,” ungkap Tim Advokasi Waduk Sepat dalam memori tanggapannya.

Dalam memori tanggapan itu juga ditegaskan, bahwa PT Ciputra Surya, Tbk., bukan merupakan pemerintah atau penyelenggara Negara Republik Indonesia. Selain itu, PT. Ciputra Surya, Tbk., dalam konteks perkara ini juga bukan pihak swasta yang diserahi oleh pemerintah untuk mengurus kepentingan umum yang menjadi urusan pemerintahan, tetapi murni sebagai perusahaan pengembang.

Sehubungan dengan hal tersebut, Tim Advokasi Waduk Sepat menyimpulkan, PT Ciputra Surya, Tbk., sudah jelas tidak memenuhi syarat untuk dijadikan sebagai pihak tergugat dalam perkara tersebut. Oleh karena itu, pihaknya memohon agar majelis hakim dalam perkara tersebut menolak permohonan PT Ciputra Surya, Tbk., untuk menjadi pihak intervenient atau tergugat intervensi, atau menyatakan bahwa permohonannya tidak dapat diterima.

Di sisi yang lain, para tergugat berpendapat sudah seharusnya PT Ciputra Surya, Tbk., diikutkan dalam perkara tersebut sebagai pihak intervensi. Dalam memori tanggapannya, para tergugat meminta majelis hakim agar permohonan PT Ciputra Surya dikabulkan. Pasalnya, pokok permasalahan dalam perkara tersebut berkaitan dengan tukar-menukar antara Pemerintah Kota Surabaya dengan PT Ciputra Surya, Tbk.

Persidangan akan kembali dilanjutkan pada Rabu, 24 Agustus 2016. Agenda sidang mendatang adalah pembacaan penetapan oleh majelis hakim atas permohonan sebagai pihak intervensi yang diajukan oleh PT Ciputra Surya, Tbk.(*/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY