Gugatan Kasus Waduk Sepat Disidangkan

0
581

LBH Surabaya – Tim Advokasi Waduk Sepat selaku kuasa hukum Hermanto, warga Dukuh Sepat, Kota Surabaya, menghadiri sidang perdana gugatan perbuatan melawan hukum melawan Walikota Surabaya, Ketua DPRD Kota Surabaya, dan Kepala Kantor Pertanahan Surabaya I masing-masing sebagai tergugat I, II, dan III. Persidangan tersebut digelar di Ruang Garuda, Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin (6/6).

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua, Sigit Sutanto, S.H., itu, penggugat didampingi langsung oleh para Advokat yang tergabung dalam Tim Advokasi Waduk Sepat. Di sisi yang lain, tergugat I hanya memberikan surat tugas kepada kedua stafnya untuk menghadiri sidang, sedangkan Ketua DPRD Kota Surabaya dan Kepala Kantor Pertanahan Surabaya I tidak hadir di dalam persidangan. Oleh karena itulah, Hakim Ketua menunda sidang dan memerintahkan para pihak untuk hadir kembali pada Rabu, 15 Juni 2016.

Sebelumnya, Tim Advokasi Waduk Sepat mendaftarkan gugatan perbuatan melawan hukum di Pengadilan Negeri Surabaya, Rabu (11/5). Gugatan yang telah terdaftar di PN Surabaya dengan nomor register perkara 389/Pdt.G/2016/PN.Sby itu menggunakan mekanisme citizen law suit (CLS).

“Para tergugat, sebagai penyelenggara negara, telah lalai dalam melindungi (to protect), menghormati (to respect), dan memenuhi (to fullfil) hak asasi manusia penggugat selaku warga negara dan warga negara lainnya, yakni hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat, hak atas pekerjaan dan hak atas hidup aman, damai dan sejahtera,” ungkap salah satu Advokat dalam Tim Advokasi Waduk Sepat, Hosnan, S.H.(*/bus/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY