Pendidikan Hukum Kritis bagi “Korban” Limbah B3

0
357

LBH Surabaya – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya memberikan pendidikan hukum kritis kepada warga Desa Lakardowo yang menjadi “korban” limbah B3, Sabtu (4/6). Acara yang dilaksanakan di Aula Gedung Inspirasi, Desa Wringinamon, Kecamatan Wringinamon, Kabupaten Gresik, itu dihadiri sekitar 60 warga Desa Lakardowo.

Materi terkait Class Action dan Citizen law Suit disampaikan oleh Pengacara Publik LBH Surabaya, Yasin Efendi, S.H. Ia menyampaikan, upaya hukum litigasi yang dapat dilakukan oleh masyarakat Desa Lakardowo dalam kasus pencemaran limbah B3 yang diduga dilakukan PT. PRIA adalah gugatan melalui mekanisme Class Action dan/atau Citizen law Suit. Oleh karena itulah, hal ini penting kiranya bagi masyarakat Lakardowo untuk mengetahui dua model gugatan tersebut.

Selain menyampaikan materi, Yasin Efendi juga memberikan dorongan serta semangat kepada masyarakat Desa Lakardowo dalam memperjuang desanya agar tidak tercemar limbah B3. Ia juga meminta masyarakat Lakardowo untuk tidak main hakim sendiri atau melakukan perbuatan melanggar hukum, seperti melakukan pengrusakan terhadap fasilitas pabrik.

“Jika masyarakat melakukan perbuatan tersebut, maka fokus perjuangan warga bersama Ecoton dan LBH Surabaya agar desa tidak tercemar dari limbah B3 akan terganggu dengan masalah tersebut,” ungkapnya.(*/leh)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY