Pendaftaran Surat Kuasa Hanya Rp 5 Ribu!

0
11315

LBH Surabaya – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya membalas “Surat Cinta” dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya. Surat balasan tertanggal 19 Mei 2016 dengan nomor W14.U1/5404/Hk.01.10/5/2016 itu diterima oleh bagian administrasi LBH Surabaya, Senin (23/5).

Surat yang ditandatangani langsung oleh Panitera PN Surabaya, I Gde Ngurah Arya Winaya, S.H., M.H. itu menyatakan, pendaftaran surat kuasa memang dikenakan biaya. “Memperhatikan surat saudara Nomor: 087/SK/LBH/V/2016 tertanggal 13 Mei 2016 sebagaimana pada pokok surat, bersama ini dapat kami jelaskan untuk pendaftaran surat kuasa dikenakan biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) sebesar Rp 5.000,- (lima ribu rupiah) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2008,” tulisnya dalam surat balasan tersebut.

Atas adanya surat balasan dari PN Surabaya, Kepala Bidang Penanganan Kasus LBH Surabaya, Hosnan, S.H., menghimbau pada masyarakat untuk membayar biaya-biaya penanganan perkara di pengadilan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. “Masyarakat jangan membayar lebih dari itu, karena hal tersebut merupakan perbuatan yang merendahkan marwah, martabat, dan kehormatan pengadilan,” katanya.

Pria yang juga Pengacara Publik LBH Surabaya itu menambahkan, agar pengadilan memberikan tanda bukti pembayaran yang sah sesuai dengan besaran biaya yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan. “Ini semua perlu dilakukan agar akses keadilan bagi masyarakat itu terjamin. Di sisi yang lain, marwah, martabat, dan kehormatan pengadilan tetap terjaga,” tambahnya.(*/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY