LBH Surabaya Terakreditasi!

0
1655

LBH Surabaya – Kabar gembira bagi seluruh masyarakat di Jawa Timur. Di awal 2016, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya telah terverifikasi dan terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia sebagai Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang dapat memberikan layanan bantuan hukum sebagaimana ketentuan dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum (UU Bantuan Hukum).

Pelaksanaan bantuan hukum oleh LBH Surabaya menurut skema UU Bantuan Hukum didasarkan pada “Perjanjian tentang Pelaksanaan Bantuan Hukum bagi Orang Miskin atau Kelompok Orang Miskin Tahun Anggaran 2016” antara Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur dengan Direktur LBH Surabaya. Perjanjian dengan Nomor: W.15.HN.03.03-349 itu ditandatangani tertanggal 30 Maret 2016.

Berdasarkan perjanjian itulah, LBH Surabaya dapat memberikan bantuan hukum secara litigasi dalam perkara pidana, perdata, dan/atau tata usaha negara. Selain itu, lembaga yang berkantor di Jalan Kidal Nomor 6, Surabaya itu dapat memberikan bantuan hukum nonlitigasi, di antaranya penyuluhan hukum, pemberdayaan masyarakat, dan drafting dokumen hukum.

Atas keberhasilan memperoleh akreditasi, Direktur LBH Surabaya, M. Faiq Assiddiqi, S.H., mengharapkan, agar lembaga yang dipimpinnya itu dapat memberikan pelayanan hukum kepada orang miskin atau kelompok miskin dengan sebaik-baiknya. “Hak atas akses keadilan semoga juga dapat diwujudkan melalui pemenuhan hak atas bantuan hukum ini,” tambahnya.(*/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY