Pentingnya Menyusun Kronologis dalam Menangani Perkara

0
945

LBH Surabaya – Karya Latihan Bantuan Hukum (Kalabahu ) 2016 Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya memasuki hari yang ketiga, Sabtu (26/3). Khusus pada hari ini, mulai pagi hingga petang, para peserta mendapatkan materi berkaitan dengan strategi penanganan perkara, baik pidana, perdata, dan tata usaha negara.

Pemateri pertama pada hari ini adalah Saiful Arif, S.H., yang menyampaikan materi “Strategi Penanganan Perkara Pidana”. Dalam penyampaian materinya, Advokat yang berkantor di Zaidun and Partners itu mengungkapkan, pentingnya menyusun kronologis dalam menangani perkara. “Hal ini untuk memudahkan memahami alur perkara dan menyusun strategi apa yang akan digunakan,” ungkapnya di hadapan 21 peserta Kalabahu 2016 yang memenuhi Aula Kantor LBH Surabaya di Jalan Kidal No. 6, Surabaya.

Selanjutnya, materi yang kedua berkaitan dengan “Strategi Penanganan Perkara Perdata”. Kali ini, pematerinya adalah seorang Advokat yang juga merupakan alumnus LBH Surabaya, yakni Sudarto, S.H., M.H.

Menurutnya, strategi merupakan suatu cara mencapai tujuan sesuai peluang dan ancaman lingkungan ekternal yang dihadapi serta kemampuan internal dan sumber daya. “Bagaimana cara menentukan strategi penanganan perkara perdata itu harus mempertimbangkan tujuan, kekuatan, kelemahan, dan tantangan yang ada di internal maupun eksternal,” ujarnya. “Strategi yang dapat digunakan dalam penyelesaian perkara perdata adalah melalui pengadilan dan di luar pengadilan dengan cara perundingan,” tambahnya.

Penyampaian materi tentang strategi penanganan perkara diakhiri dengan pembahasan mengenai “Strategi Penanganan Perkara Tata Usaha Negara”. Advokat Publik LBH Surabaya, Suparman, S.H., M.H., hadir sebagai pemateri.(*/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY