Kalabahu 2016 LBH Surabaya Resmi Dibuka

0
707

LBH Surabaya – Karya Latihan Bantuan Hukum (Kalabahu) 2016 Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya resmi dibuka, Kamis (24/3). Bertempat di Surabaya Suite Hotel, acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Riset, Pengembangan, dan Kerjasama LBH Surabaya, Abdul Fatah, S.H., M.H.

Menurut Abdul Fatah, dalam isu bantuan hukum, LBH Surabaya berharap dapat melibatkan mahasiswa dan fresh graduate. “Oleh karena itu, untuk mengoptimalkan keterlibatan mahasiswa dan fresh graduate dalam layanan bantuan hukum, maka LBH Surabaya perlu untuk mengadakan Kalabahu,” ungkapnya di hadapan 21 peserta Kalabahu 2016 yang berasal dari beberapa kampus yang tersebar di Jawa Timur.

Setelah pembukaan, Kalabahu 2016 LBH Surabaya berlanjut dengan acara penyampaian materi yang pertama oleh Dr. Herlambang P. Wiratraman, S.H., M.A. Dosen Fakultas Hukum Universitas Airlangga Surabaya tersebut menyampaikan materi tentang “Hukum dan Keadilan dalam Konteks Perubahan Sosial”.

Sebelum menyampaikan materi, alumni LBH Surabaya itu membagikan pengalamannya selama menjadi pengabdi bantuan hukum di lembaga yang berkantor di Jalan Kidal No. 6, Surabaya tersebut. “Di bangku LBH-lah saya mendapatkan pemahaman dan pengalaman yang nyata terkait hukum dan keadilan sosial,” kenangnya.

Akademisi yang juga Ketua Pusat Studi Hak Asasi Manusia (HRLS) Fakultas Hukum Universitas Airlangga tersebut mengungkapkan, keadilan sosial itu posisinya melampaui kemapanan hukum. “Idealnya, para aparat penegak hukum dan calon aparat penegak hukum itu harus mempunyai kepekaan sosial agar keadilan sosial tercapai,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, di Kalabahu inilah momentum yang tepat bagi para peserta untuk berpikir kritis terhadap pasal-pasal. “Itu adalah tugas utama untuk menemukan keadilan sosial,” katanya.(*/zal)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY